Train Someone Else

DOSEN saya mantan Menteri Pertahanan pada pemerintahan Gus Dur, yaitu Pak Yahya Muhaimin, pernah mengatakan di depan kelas (kelas yang ribut, tentu) kira-kira begini, “Kalau teman Anda presentasi di depan kelas, dengarkan. Saya saja yang sudah tua pasti mendapatkan sesuatu yang baru.”

Pak Yahya, seorang pengajar yang sudah puluhan tahun mengajarkan ilmu, ternyata mendapatkan ilmu baru dari para mahasiswa yang diajarnya. Mungkin karena dalam pengajaran itu terjadi diskusi dari pengalaman orang per orang yang melibatkan sudut pandang baru, dengan tema-tema yang baru.

Dalam sebuah pelatihan menulis, saya minta peserta untuk membuat satu paragraf dengan satu kata. ada satu peserta yang agak unik. Dia kesulitan menulis, dan dia bercerita tentang kesulitan itu. Kan yang penting ada kata “permen”-nya?

Dari situ saya malah mendapat ide untuk membuat kumpulan cerpen tentang kesulitan membuat cerpen. Meskipun belum terlaksana, saya jadi percaya prinsip tidak meremehkan ini dapat menumbuhkan ide-ide baru.

________________________________

Instagram/ Twitter: @AriefBakhtiarD

Leave a comment